Penyebab Android Cepat Panas


Perbedaan yang mencolok antara smartphone dengan laptop maupun PC yaitu sumber daya yang dipakai dan system pendinginnya. Untuk laptop dan PC sumber daya yang dipakai biasanya menggunakan AC yang menghasilkan arus cukup besar sehingga membutuhkan system pendingin, berbeda dengan handphone / tablet android yang menggunakan sumber daya DC karena arus daya yang dibutuhkan kecil sehingga tidak membutuhkan system pendingin. Namun dalam kondisi tertentu handphone juga akan terasa panas sehingga mengganggu kenyamanan dan membuat baterai menjadi boros. Berikut penyebab handphone android cepat panas :

 Menggunakan aplikasi yang berat
Kinerja yang berlebihan pada prosesor dalam menjalankan aplikasi berat seperti game 3D ataupun streaming, maka akan meningkatkan konsumsi daya pada prosesor yang berpengaruh terhadap suhu prosesor itu sendiri. Selalu ingat gunakan aplikasi sesuai dengan spesifikasi dari smartphone yang dipakai.

Gangguan jaringan
Koneksi yang tidak stabil akan membuat  smartphone bekerja terus-menerus untuk mencari sinyal. Sehingga kinerja handphone meningkat yang menyebabkan  handphone android menjadi panas. Solusinya gunakan jaringan yang stabil, misal wifi bila memungkinkan.

Area Pemakaian yang bersuhu panas
Suhu sekitar juga berpengaruh terhadap kondisi handphone android anda. Jika dipakai dalam lingkungan yang panas tentunya membuat handphone android menjadi cepat panas bila dipakai. Solusinya gunakan handphone pada kondisi suhu yang nyaman

Handphone kotor
Kotor karena debu dapat menyebabkan masalah sirkulasi udara yang berfungsi untuk menurunkan suhu handphone android. Solusinya selalu rajin dalam membersihkan dan merawat handphone dari kotoran dan debu.

Cover Handphone Tidak Sesuai
Cover yang berfungsi sebagai pelindung body handphone android ternyata berpotensi menghambat sirkulasi udara pada handphone, karena cover tersebut cenderung menutup body handphone android, panas yang dihasilkan handphone tidak tersirkulasi dengan baik. Solusinya gunakan cover yang tidak menutup seluruh bagian belakang handphone, biarkan handphone bernafas lega.

Digunakan pada saat di charge
Penggunaan handphone pada saat di scharge dapat meningkatkan suhu baterai, bisa dipastikan handphone android akan terasa cepat panas

Multitasking
Multitasking ini akan meningkatkan kinerja prosesor, sehingga konsumsi daya yang meningkat akan mengakibatkan peningkatan suhu. Solusinya tutup aplikasi yang tidak dipakai.

Aplikasi eror

Aplikasi eror juga berpotensi menjadikan handphone android menjadi panas. Karena aplikasi yang eror ini meminta kinerja prosesor meningkat. solusinya selalu gunakan software terbaru atau lakukan pembaharuan (update software).

0 Response to "Penyebab Android Cepat Panas"

Post a Comment