Cara Mengaktifkan Geotag Pada Android



Pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai cara mengaktifkan geotag pada Iphone, di artikel ini akan di bahas mengenai cara mengaktifkan geotag pada android. Sekedar informasi Geo tag adalah proses menambahkan identifikasi geografis untuk berbagai media seperti foto, video, website maupun RSS feed. Data ini biasanya terdiri dar garis lintang dan bujur, meskipun dapat juga meliputi ketinggian, jarak, akurasi data dan nama tempat.

Selain Iphone, android sudah lebih dulu mendukung fitur geotagging, fitur geotagging pada android secara keseluruhan lebih akurat karena fitur geotag android sudah didukung penuh oleh Google. Seperti yang anda sudah ketahui google merupakan pembesut aplikasi MAPS yang popular, selain itu Google juga  mempunyai aplikasi Google Earth yang begitu fenomenal.

Berikut cara mengaktifkan geotag Android :

Aktifkan menu GPS melalui slide shortcut pada layar android, atau masuk menu setting lalu location service, beri tanda centang pada fitur GPS maka GPS anda akan aktif.

Buka aplikasi kamera.


Masuk menu setting pada kamera


Aktifkan location service atau location tag (untuk beberapa jenis handphone android mungkin akan berbeda istilah).


Anda bisa mencoba hasil pengambilan foto dengan kamera yang sudah disetting geotag dengan cara membuka properties foto tersebut dengan memeriksa value GPS, maka akan ditemukan  informasi garis lintang dan bujur.




9 Responses to "Cara Mengaktifkan Geotag Pada Android"

  1. Sudah saya ikuti langkahnya. tp ketika melihat detail foto gak ada informasi garis lintang dan bujur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba foto tersebut propertisnya di windows, detail longtude dan latitude akan tampil seperti screen shot terakhir pada artikel..

      Delete
  2. Bagaimana kalau lokasinya tak ada sinyal apakah masih bisa menggunakan aplikasi ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. system GPS mengandalkan internet untuk mengetahui posisi dengan akurat sehingga utk menggunakan aplikasi diatas minimal harus ada signal dan internet

      Delete
    2. berarti itu bukan geotaging...

      Delete