Tips Mencegah HP Android Panas


Musim kemarau memang panas, mulai dari badan suhu ruangan bahkan sampai handphone. Terkait handphone android panas karena musim panas seperti ini, berikut tips untuk mencegah android panas.

1. Jangan menumpuk handphone android
Menyimpan dan meletakkan android bertumpukan dengan barang elektronik dapat menyebabkan panas, contohnya meletakkan handphone diatas handphone atau diatas laptop, barang elektronik yang cenderung panas akan semakin panas

2. Menyimpan handphone dalam saku yang ketat
Kantong saku yang ketat seperti celana jean dapat menyebabkan android panas, sebaiknya disimpan di tas yang agak longgar.

3. Lepas screen guard
Screen guard atau plastic pelindung layar sebenarnya dapat menyebabkan android panas, karena dengan  screen guard setting kecerahan layar akan lebih tinggi dari pada tidak menggunakan screen guard, ini berpotensi menyebabkan sistem bekerja lebih extra dalam setting kecerahan layar yang tinggi. Untuk saat ini kebanyakan layar android sudah menggunakan bahan anti gores jadi apakah masih perlu menggunakan screen guard?

4. Lepas cover accesoriss pada bodi handphone
Tidak perlu diragukan lagi ini cover body merupakan penghambat sirkulasi udara, sehingga panas terperangkap didalam handphone, sebaiknya copot cover bodi untuk mengurangi tingkat panas pada android.

5. Hindari sinar matahari secara langsung
Cahaya matahari merupakan salah satu sumber panas, hindari handphone yang terpapar cahaya matahari secara langsung.

6. Isi baterai di malam hari
Proses pengisia baterai akan mengakibatkan handphone android panas, sebisa mungkin hindari pengisian baterai pada siang hari pada cuaca panas atau musim kemarau seperti ini. Malam hari adalah waktu yang tepat untuk pengisian daya baterai, ingat jangan sampai overcharging karena ketiduran karena akan merusak baterai

7. Jangan pernah mendinginkan handphone secara mendadak dalam suhu yang terlalu ekstrim
Mendinginkan handhone andrid yang panas yang langgung mengarah ke AC atau lemari pendingin tidak disarankan apabila handphone dalam keadaan panas karena mengakibatkan kerusakan pada komponen handphone itu sendiri, lebih baik didinginkan dengan cara di angin anginkan

8. Matikan fitur yang tidak diperlukan
Fitur seperti WIFI, data internet GPS dan fitur lain yang tidak diperlukan disarankan untuk dimatikan, karena akan menyebabkan kinerja android meningkat dan sebanding lurus dengan suhu yang naik.

9. Hapus aplikasi yang tidak diperlukan.
Aplikasi merupakan bagian dari performa android, semakin banyak aplikasi terpasang akan mengakibatkan kinerja handphone juga naik, sehingga suhu android menjadi panas. Disarankan untuk menghapus aplikasi yang tidak terpakai.

Demikian tips untuk mencegah HP android panas, semoga bermanfaat.

1 Response to "Tips Mencegah HP Android Panas "